Paradigma Belajar IPA (Biologi)

Banyak yang salah paham tentang pelajaran biologi. Mereka sebagian besar mengatakan pelajaran biologi adalah pelajaran hafalan, jadi tidak perlu susah payah untuk belajarnya. Image tersebut datang bukan hanya dari kalangan praktisi di luar pelajaran IPA, tapi juga datang dari praktisi IPA sendiri yang kurang paham hakekat pembelajaran IPA khususnya Biologi.

Jika peserta didik terbawa oleh paradigma¬† “biologi adalah pelajaran hafalan”, maka akibatnya sangat fatal, antara lain: pembelajaran biologi menjadi jalan di tempat, logika sains yang di miliki biologi menjadi statis. dan perkembangan Biologi menjadi mandeg (baca;macet). karena pembelajaran biologi disampaikan secara monoton dan letter lux harus sesuai dengan bahsa buku.

Akibat yang ditimbulkan antara lain siswa menjadi mudah bosan, karena metode pembelajaran kurang manarik dan menantang, apalagi jika pendekatan yang dilakukan adalah siswa dilarang bertanya yang macam-macam, meskipun ada konteks dan kaitan dengan pelajaran. Hal ini biasanya akan muncul ke permukaan apabila pengajar (guru) kurang menguasai materi dan sekedar mengacu kepada materi yang ada di buku artinya guru kurang berpengalaman dalam hal biologi dalam  dunia nyata.

Pragmatisme pembelajaran juga mempunyai kontribusi yang cukup besar pada statisme pelajaran biologi. karena tidak sedikit paradigma belajar biologi bertujuan hanya untuk mencari dan mendapat nilai semata. bukan belajar untuk mengasah dan melatih otak untuk melakukan analisa dari suatu gejala kehidupan dan kaitannya dengan kasus yang harus dipecahkan.

SOLUSI

1. Guru harus menyadari bahwa belajar biologi bukan sekedar menghafal, tetapi harus pandai mengaitan satu topik terdahulu dengan topik yang akan datang, hingga membentuk pemahaman yang komprehensip.

2. Siswa harus dilatih melakukan analisa dan bahasa yang tidak teks book tetapi bebas menggunakan bahasa yang logis dan sesuai dengan substansi materi.

3. Siswa jangan dibatasi pada materi yang ada di buku saja tetapi harus di hubungkan dengan biologi nyata sesuai konteks dan materi yang dipelajari (materi pengembangan).

4. Pembelajaranharus interaktif

5. Penilaian harus objektif dan kontinyu.

8 Balasan ke Paradigma Belajar IPA (Biologi)

  1. amri ocu... berkata:

    betul…betul… betul….

    dua tiga ikan berenang….

    belajar biologi tu menyenangkan…..

  2. dina efteria berkata:

    gimana hubungan paradigma ma pembelajaran konstrutivisme >? aqu bingung nich

    • Makhrus Aly berkata:

      hubungan paradigma pembelajaran dengan pembelajaran konstruktivisme : kalau menurut saya pembelajaran konstruktivisme sangat berperan dalam membentuk paradigma pembelajaran biologi yang riel,.. bukan sekedar hafalan tetapi cenderung mengarah ke realistis!,.. sori baru bisa menjawab sekarang,.. karena lam tidak saya rawat blog ini.

  3. azka berkata:

    assalamualaikum, saya maretha, aisyah dan azka X1. saya mau nanya, yang remidi UH2 terakhir di kumpulin kapan????

  4. Ryan berkata:

    assalamualaikum… saya tertarik sekali dengan perubahan paradigma Biologi yang beralih menjadi literasi kuantitatif… di mana pengoprasian aritmatika, numerasi, mengukur, dll menjadi suatu kegiatan penting utk memahami Biologi lebih luas.

    Apakah ada referensi yang menjelaskan tentang literasi sains untuk Biologi? saya sangat membutuhkannya untuk Tugas akhir saya. terimakasih.

    email : ryan.ardiansyah5354@yahoo.com

    • Makhrus Aly berkata:

      Wa’alaikum salam, …
      referensi yang menjelaskan khusus literasi sains biologi, saya belum pernah menemui…tetapi menurut pendapat saya desain penelitian itu bisa saja di ciptakan dengan pendekatan ilmiah kuantitatif, atau kualitatif….dengan merujuk pada beberapa literatur penelitian pendidikan..
      selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s