Manajemen Pembelajaran Biologi kelas X SMA Negeri 4 Bangkalan

nego
1. Tata Tertib

Siswa wajib mengikuti tata tertib yang telah disampaikan guru pada pertemuan pertama. Pada kesempatan tersebut disepakati beberapa komitmen antara siswa dan guru, agar proses pembelajaran  Biologi berjalan lancar sesuai yang diharapkan oleh siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai pengajar/pendidik. Kesepakatan tersebut bersifat mengikat untuk di taati oleh siswa sebagai peserta didik. jika ada pelanggaran tentu akan mendapat sangsi, berupa teguran lisan 1,2,3 maupun panggilan orang tua.

2. Sikap dan prilaku

Sikap dan prilaku siswa harus mengacu pada satu tujuan yaitu, intelektualitas dalam bertindak dan berfikir untuk mencapai indikator dan tujuan pembelajaran yang disampaikan. agar tercipta kultur masyarakat belajar (intelek) dan suasana pembelajaran lebih berorientasi pada proses dari pada sekedar mencari nilai.

3. Penilaian

Prinsip dalam penilaian “siswa menciptakan sendiri nilai yang di inginkan, sesuai dengan kemampuan dan kerja keras masing-masing, bukan guru yang memberikan nilai dengan begitu saja“. maksudnya; siswa terlibat dan dilibatkan dalam proses penilain mulai dari awal sampai akhir. penilaian dilakukan secara terbuka dan akuntabel. nilai siswa di kelola secara terbuka dan diketahui oleh seluruh komunitas kelas. bukti penilaian terdeposit pada file masing-masing (portofolio). Koleksi lembar penilaian bisa diakses oleh orang tua/ wali siswa. sekaligus bisa memberikan feedback yang membangun! , Siswa dan wali siswa dapat melakukan kajian soal dan jawaban kepada guru. semua proses dilakukan secara objektif.

Format penilai dan rumus penilai raport disampaikan di awal pertemuan agar siswa bisa membuat perencanaan sendiri dan menentukan langkah yang diambil dalam meraih nilai yang diinginkan.

beberapa komponen penilaian meliputi:

a. Aspek kognitif; nilai ulangan harian (uji kompetensi) ada 9  bab dalam satu tahun, 5 Bab pada semester I dan 4 Bab pada semester II.

b. nilai KI (kerja ilmiah) /psikomotor disesuaikan  dengan pokok bahasan, alokasi waktu dan sarana penunjang yang memadai. prinsip efektif dan rasional

c. Nilai UTS dilakukan setelah 16 minggu pada semester gasal/genap

d. Aspek afektif  ; adalah sikap siswa selama mengikuti pembelajaran dan sikap saat Ujian/tes lisan maupun tulisan. jika aktif,proaktif, semangat dan antusias, tidak mencontek, mandiri; maka nilai aspek afektif dapat mencapai nilai A. Jika sebaliknya maka aspek afektif akan berkurang dengan sendirinya. Termasuk kepedulian siswa dalam mengurusi tagihan/tugas/remidi/perbaikan dalam menutupi kekurangan nilai (tidak mencapai KKM). Jika siswa peduli dan cepat untuk melengkapi tagihan kekurangan nilai  maka kriteria, maka siswa dianggap proaktif. Sebaliknya jika siswa tidak peduli sampai batas waktu yang ditentukan  untuk melakukan perbaikan / remidi atau mengumpulkan tugas tambahan yang  diberikan,maka siswa tersebut dianggap tidak proaktif dan akan semakin tertinggal (nilai raport tidak mencapai KKM), indikasi tidak naik kelas.

Pembelajaran dilakukan mandiri/bukan Tim. dalam kurun waktu tertentu dilaporkan kepada wali kelas, guru BK dan kepala sekolah. disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tingkat penanganan.

Ketentuan ini disampaikan juga kepada orang tua /wali murid, wali kelas dan guru BK, untuk ditindak lanjuti bersama agas proses pembelajaran berjalan sesuai harapan bersama orang tua dan sekolah.

selamat Belajar, seluruh siswa SMAN 4 Bangkalan

Semoga Sukses

Tentang Makhrus Aly

Author : Makhrus Ali Alamat Rumah : Perum IMC A/8 RT.03 RW.04 Mlajah Bangkalan 69116 No. Telp : 085257224333/087849423888 Alamat Kantor : SMAN 4 Bangkalan. Jl. Pertahan No. 4 Bancaran Bangkalan Prinsip " independent dan kritis dalam berfikir dan berbuat, tetapi senantiasa bertanggung jawab"
Pos ini dipublikasikan di Untuk Siswa SMAN 4 Bangkalan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s