Rumus nilai Raport adalah :
1. Aspek Kognitif = 50% NH + 25% UTS + 25% UAS/UKK.
Ada 9 Pokok Bahasan / Bab dalam satu tahun ; 5 Bab dalam Semester 1 dan 4 Bab dalam semester 2. Setiap akhir bab diadakan UK sebagai evaluasi pencapaian kompetensi kognitif siswa. Uji kompetensi/UK direncanakan 9 kali, NH. bobot 50% dari seluruh nilai Raport siswa
2. Aspek Psikomotor = Nilai Kinerja Ilmiah dari praktikum; secara kelompok maupun Individu
Aspek Psikomotor (Kinerja Ilmiah); direncanakan 5-6 praktikum dalam satu tahun disesuaikan dengan waktu yang tersedia serta ketersediaan sarana praktikum, mengingat gedung lab SMAN 4 Bangkalan masih digunakan sebagai kelas untuk proses pembelajaran.
3. Aspek Afektif = Akumulasi nilai sikap saat proses pembelajaran maupun ulangan harian, dari UK 1 – UK5 pada semester 1 . UK 1 – UK 4 pada semester 2.
Perlu diketahui : Pada aspek ini penilaian di dasarkan pada sikap siswa pada waktu proses pembelajaran (proaktif, serius, antusias, tertib, catatan lengkap) mendukung untuk mendapatkan nilai A. Nilai akan berkurang jika sikap siswa; terlambat, malas, tidak mencatat, pasif, tidur, bergurau sendiri, tidak tertib, meremehkan, tidak proaktif, tidak serius/ngelemes, tidak ada buku catatan, tidak punya buku pegangan, nyontek waktu ujian, minta jawaban ke teman saat ujian, dan kecurangan yang lain). Apalagi tidak ikut remidi/perbaikan jika nilai UH tidak memenuhi KKM. Keaktifan yang dimaksud adalah kreatifitas siswa dalam upaya mencapai nilai yang di harapkan. jika siswa telah berusaha dengan sekuat tenaga serta cara yang alami (proaktif). Nilai aspek afektif dapat mencapai maksimum 100, tetapi jika sikap siswa pasif , maka nilai aspek afektif minimum (50).
NH = Nilai harian ( UK + {tugas terstruktur (TS) dan tugas tidak sterstruktur (TTS)}
UTS = ulangan tengah semester
UKK = UlanganKenaikan Kelas
Proses penilai melibatkan siswa, objektif, terbuka dan tanpa ada rekayasa. Artinya siswa mengupayakan nilainya sendiri sesuai kemampuan masing-masing. Semua bukti penilain baik Uji Kompetensi , nilai Kinerja Ilmiah, Ujian Tengah Semester, Atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) di organisir dalam suatu deposit secara individu dan kolektif. setiap akhir semester dilaporkan kepada orang tua/wali sebagai bentuk pertanggung jawaban PBM, sekaligus sebagai sarana feedback, introspeksi dan share dengan wali murid.
hal-hal lain tentang format penilaian ini akan disampaikan berikutnya, jika ada perbaikan atau ralat.